Perhimpunan Guru Sebut Tema Hardiknas Kemendikbud Kontradiktif dengan Kondisi

Jakarta – Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) menilai tema Hari Pendidikan Nasional yang diangkat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memiliki makna yang kontradiktif. Kemendikbud mengangkat tema Hardiknas 2021: Serentak Bergerak, Mewujudkan Merdeka Belajar.

“Namun jika diperhatikan secara seksama bagaimana Kemendikbud dan Mas Menteri Nadiem saat ini mengelola pendidikan, dua frasa dalam kalimat di atas justru mengandung kontradiksi di dalamnya,” kata Koordinator Nasional P2G, Satriwan Salim, dalam keterangannya, Ahad, 2 Mei 2021.

Satriwan menyoroti frasa “serentak bergerak”. Pada kenyataannya, kata Satriawan, Kemendikbud minim melibatkan semua pemangku kepentingan pendidikan dalam mendesain kebijakan pendidikan nasional.

Menurut Satriwan, ada banyak kasus kebijakan Menteri Nadiem Makarim yang menjadi polemik. Misalnya, program Organisasi Penggerak yang menyebabkan PGRI, NU, Muhammadiyah undur diri. Kemudian Merdeka Belajar yang menduplikasi hak merek dagang PT Sekolah Cikal, hilangnya pelajaran sejarah dalam rencana penyederhanaan kurikulum.

 

sumber: https://nasional.tempo.co/read/1458653/perhimpunan-guru-sebut-tema-hardiknas-kemendikbud-kontradiktif-dengan-kondisi/full&view=ok