Reshuffle Kabinet: Jejak Bongkar Pasang Kementerian Pendidikan Pasca-Reformasi

Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokwoi dikabarkan akan mengumumkan reshuffle kabinet dengan penempatan dua menteri baru pada hari ini, Rabu, 28 April 2021. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadilia disebut-sebut akan menjadi Menteri Investasi, sedangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim bakal dilantik sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kabar pelantikan ini menyusul pembentukan nomenklatur Kementerian Investasi serta peleburan Kemendikbud dan Kementerian Riset dan Teknologi. Sumber Istana yang tak bersedia disebutkan namanya membenarkan informasi ini. “Iya,” kata sumber tersebut singkat saat dikonfirmasi, Selasa, 27 April 2021.

Peleburan fungsi Kemenristek ini menandai kembali berubahnya nomenklatur Kementerian Pendidikan. Setelah Reformasi, nomenklatur dan tugas kementerian ini tercatat mengalami beberapa perubahan sebagai berikut.

-Departemen Pendidikan Nasional
Di era Orde Baru, lembaga pemerintah yang mengurusi pendidikan ialah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Setelah Soeharto lengser dan digantikan oleh Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan diubah menjadi Departemen Pendidikan Nasional.

Menteri Pendidikan Nasional di era ini ialah Yahya Muhaimin. Saat Gus Dur dilengserkan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat dan digantikan Megawati Soekarnoputri, posisi Mendiknas dijabat oleh Malik Fadjar.

 

sumber: https://nasional.tempo.co/read/1457040/reshuffle-kabinet-jejak-bongkar-pasang-kementerian-pendidikan-pasca-reformasi/full&view=ok